Tentang Gartenhutte

Gartenhutte merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di desa Selotapak Kecamatan Trawas. Pada awal berdirinya, Gartenhutte ini merupakan sebuah kafe dengan menu utama adalah kopi Trawas. Pada saat itu target utama pelanggannya adalah anak muda. Namun dengan berjalannya waktu, kafe ini semakin viral sehingga semakin banyak orang yang datang untuk menikmati kopi dalam nuansa alam. Gartenhutte terletak diantara 2 gunung, yaitu Penanggungan dan Welirang. Selain itu posisinya juga dekat sekali dengan persawahan terasering, hal ini membuat penikmat kopi semakin betah berlama-lama di sana. Pemilik Gartenhutte melihat peluang untuk mengembangkan Gartenhutte dari sebuah kafe menjadi destinasi wisata. Wisata yang bisa dinikmati di Gartenhutte antara lain wisata selfie di tempat minum kopi yang unik, berupa bangunan kayu berbentuk geometri, rumah pohon, area perkemahan, dan saat ini sedang dikembangkan wisata kolam ikan dan kolam renang. Selain itu juga sedang dikembangkan pusat oleh-oleh khas daerah. Dengan kondisi ini, pengunjung Gartenhutte juga mengalami perkembangan, semula hanya anak muda, tapi sekarang juga anak-anak, orang tua dan keluarga.

Saat ini media promosi yang digunakan adalah Instagram(IG) dan Facebook(FB), namun yang paling sering adalah IG, sedangkan FB jarang sekali digunakan. IG merupakan salah satu media promosi yang baik. Selain itu, ke depan Gartenhutte sedang merencanakan pengembangan wisata yang meliputi penambahan wahana dan produk oleh-oleh. Melihat trend desa wisata dan café pada sekitar Jawa Timur yang cenderung statis dan menurun akibat pandemi, Gartenhutte perlu meningkatkan daya promosi sehingga popularitas Gartenhutte tetap terjaga. Promosi yang saat ini melalui IG untuk kelompok anak muda sudah baik namun belum menjadi jaminan dalam jangka waktu lama akan efektif bila tidak memiliki prosedur standar dan monitoring. Promosi melalui brosur yang ditempel salah satu strategi yang telah dilakukan namun terbatas dapa regional dan tempat tertentu. Oleh karena itu perlu adanya strategi promosi lain agar popularitas Gartenhutte sebagai destinasi wisata tetap konsisten dan mengalami peningkatan. Oleh sebab itu, diperlukan media promosi lain, selain IG, untuk mempromosikan produk, wahana, dan kegiatan di Gartenhutte sehingga perkembangan dan popularitas destinasi wisata ini tetap terjaga.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *